Kenapa Tidur Mendengkur

Kenapa Tidur Mendengkur – Kebiasaan mendengkur tidak bisa dianggap remeh lagi. Banyak orang yang dengan berbagai cara menghilangkan kebiasaan tersebut, tetapi tidak mudah dan akhirnya mereka pasrah. Mendengkur pun akhirnya menjadi musik pada malam hari.

Selain dikenal sebagai salah satu masalah yang sangat mengganggu kenyamanan tidur temuan baru menyatakan bahwa mendengkur dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu terjadinya stroke dan berbagai penyakit bahaya lainnya. Banyak mendengkur barangkali menjadi salah satu faktor stroke karena mendengkur dapat menurunkan jumlah oksigen yang mencapai otak.

Kenapa Tidur Mendengkur

Kenapa Tidur Mendengkur

Sebuah studi baru yang dipresentasikan pada International Stroke Conference menemukan penelitian mengenai penyebab Kenapa Tidur Mendengkur !bahwa tidur yang tidak normal mungkin meningkatkan risiko terjadinya stroke. mereka yang tidur lebih dari delapan jam dalam satu malam, mengantuk sepanjang hari dan mendengkur saat tidur memiliki risiko mengalami stroke jauh lebih tinggi.

Menurut Dr. Dauglas Bradley, juru bicara Candian Heart and Stroke Foundation di Toronto, tidur yang tidak normal merupakan gejala sleep apnea, suatu kondisi di mana orang benar-benar berhenti bernapas dan bangun untuk bernapas. Ini adalah reaksi terkejut. Jika hal itu terjadi 200-400 kali dalam semalam maka tekanand arahnya akan naik secara signifikan.

Berikut beberapa fakta Kenapa Tidur Mendengkur menurut beberapa ahli :

1. Satu dari lima penduduk dunia mendengkur

Diperkirakan lebih dari satu milyar orang di seluruh dunia mendengkur saat tidur karena berbagai sebab.

2. Pria dan wanita sama banyaknya yang mendengkur

Lebih banyak pria yang mendengkur dibandingkan wanita, perbandingannya adalah 80% laki-laki dan 20% perempuan. Alasannya terkait dengan distribusi kelebihan berat badan pada pria yang menumpuk di dada dan leher sehingga menyebabkan penyempitan saluran udara. Kelebihan berat badan pada wanita umumnya menumpuk di pinggul. Pria juga memiliki leher lebih besar daripada wanita. Lingkar leher 40 cm atau lebih cenderung membuat orang mendengkur.

3. Radang amandel (tonsilitis) menyebabkan anak-anak Kenapa Tidur Mendengkur

Salah satu ciri anak yang terkena radang amandel (tonsilitis) adalah mendengkur waktu tidur.

4. Posisi tidur tidak berpengaruh pada mendengkur

Tidur telentang lebih mendukung untuk mendengkur dibandingkan tidur miring.

5. Kelebihan berat badan menyebabkan mendengkur

Kelebihan berat badan sangat umum di kalangan pendengkur. Hal ini karena lemak yang terbentuk di sekitar tenggorokan dapat menyempitkan saluran udara. Selain itu, lemak di perut dapat menyebabkan diafragma berfungsi tidak teratur.

6. Pil tidur dan obat penenang mengurangi mendengkur

Obat-obatan ini menyebabkan relaksasi otot dan meningkatkan peluang mendengkur.

7. Pada usia 50, perempuan yang mendengkur sama banyaknya dengan laki-laki

Karena proses penuaan, wanita kehilangan otot dan lemak di daerah tenggorokannya. Lidah, pangkal tenggorokan, dan jaringan lainnya di dekatnya juga bisa sedikit menyusut. Perubahan ini dapat mengurangi ukuran saluran nafas dan meningkatkan risiko mendengkur. Hanya 5% perempuan yang mendengkur pada usia tiga puluhan, namun pada usia di atas 50 tahun jumlahnya bisa mencapai 40%. Pada usia ini, jumlah wanita yang mendengkur sama banyaknya dengan laki-laki.

8. Mendengkur dapat menandakan penyakit

Mendengkur dapat merupakan gejala obstructive sleep apnea (OSA), gangguan umum dan berpotensi serius di mana nafas berulang kali berhenti dan berlanjut saat Anda tidur. Seseorang dengan sleep apnea sering bangun malam untuk bernafas, tetapi biasanya tidak mengingatnya.  Sleep apnea seringkali tidak disadari tetapi sangat berbahaya bagi kesehatan karena menyebabkan kurang tidur, kekurangan oksigen, depresi dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

9. Intensitas mendengkur dapat mencapai 90 desibel

Setara dengan suara yang dihasilkan oleh sebuah truk yang melaju di jalan raya.

10. Merokok tidak menyebabkan mendengkur

Asap rokok dapat menginfeksi jaringan tenggorokan yang menimbulkan bengkak. Hal ini menyebabkan penyempitan saluran udara dan membuat orang mendengkur.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebab kenapa tidur mendengkur :

  1. Tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi. Posisikan kepala Anda lebih tinggi dari badan Anda untuk membuat pernapasan Anda menjadi lebih mudah dan membuat lidang terdorong serta membuat rahang akan bergerak ke depan. Oleh sebab itulah disaat sedang tidur perlunya menggunakan bantal. Saat ini banyak bantal yang dijual untuk mencegah terjadinya mendengkur dan membuat otot leher tidak mengkerut.
  2. Memastikan keadaan hidung Anda dalam keada bersih dan tidak tersumbat
    Hidung yang tersumbat bisa membuat proses penghirupan pada udara akan menjadi lebih sulit dan akan membuat tenggorokan anda mengalami kekosongan akibat dari tidak adanya suatu udara. Hal ini akhirnya akan membuat Anda menjadi tidur dalam keadaan mendengkur. Untuk membantu mengatasi masalah hidung tersumbat, maka cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan menghirup air panas atau juga dengan menggunakan minyak kayu putih, minum dengan jus jeruk nipis hangat, dan berkumur menggunakan air garam.

Kenapa Tidur Mendengkur


=====================================

>>> Alat Anti Ngorok Snore Free Alat Bantu Mengurangi Tidur Ngorok (Dengkuran), Membantu Memperlancar Pernafasan dan Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tidur Mendengkur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *