Masalah Tidur Mendengkur

Masalah tidur mendengkur merupakan suatu getaran yang muncul ketika tidur yang dihasulkan terutama saat bernapas karena terjadi getaran pada langit-langit lunak (palatum mole) dan pilar yang membatasi rongga nasofaring (bagian tengah faring). Mendengkur menandakan adanya penyumbatan atau pbstruksi pada sebagian saluran napas atas yang berasal dari desakan udara untuk melewati saluran yang menyempit atau tersumbat. Mendengkur bisa merupakan pertanda adanya pemyakit berhentinya napas ketika tidur (Obstructive Sleep Apne-OSA).Keadaan mendengkur danggap OSA bila berhentinya aliran udara pernapasan berlangsung selama 10-45 detik. Episode obstruksi berhubungan dengan penurunan saturasu oksihemoglobin dan Microarrusal fragmented sleep yang berulang.

Masalah Tidur Mendengkur

Masalah Tidur Mendengkur

Berikut adalah hal-hal masalah tidur mendengkur yang terjadi ketika kita tidur dengan normal :

  1. Tonus otot faring menurun
  2. Saluran udara menyempit
  3. Resistensi pernapasan meningkat, tekanan inspirasi harus ditingkatkan, usaha bernapas meningkat, terjadi peningkatan tekanan negative intratorakal.

Jika tekanan negative intratorakal lebih besar dari kekuatan muskulus abductor dan dilator faring, maka akan terjadi hal-hal berikut ini pada masalah tidur mendengkur :

  1. Kolaps bagian saluran napas yang tidak kaku, faring, velofaring,dan hipofaring.
  2. Terjadi dengkurang (getaran dari saluran napas yang kolaps).
  3. Obstruksi sebagian atau total (udara pernapasan tidak melewati bagian yang kolaps) yang disebut hipoponea dan apnea.

Efek negative masalah tidur mendengkur adalah :

  1. Tidur tidak nyenyak
  2. Mengantuk di siang hari
  3. Sakit kepala saat pagi hari
  4. Mudah marah, lemas
  5. Produktivitas menurun
  6. Meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan
  7. Daya ingat menurun
  8. Kemampuan intelektual menurun
  9. Dapat menimbulkan masalah seksual
  10. Depresi

OSA dapat berdampakĀ  pada penurunan kualitas hidup dan memicu timbulnya sejumlah penyakit berbahay seperti meningkatkan resiko terkena hipertensu sebanyak dua kali lipat, meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke pada usia muda sebesar dua kali lipat, serta disfungsi seksual, bahkan kematian mendadak. Itu sebabnya mendengkur perlu dicermati dan ditangani dengan baik.

Masalah mendengkur pada anak-anak lebih banyak disebabkan karena pembesaran amandel/tonsil. Sementara itu pada orang dewasa disebabkan oleh banyak hal, seperti masalah pada saluran napas, mulai dari hidung, palatum mole (nasofaring), lidah (orofaring), hipofaring, hingga aktivitas neuromuscular. Obstruksi oada hidung dapat terjadi akibat peradangan mukosa atau kelainan anatomi.

Gejala umum dari masalah mendengkur adalah :

  1. Perasaan tidak segar karena kurang tidur
  2. Sakit kepala
  3. Sakit atau tenggorokan saat bangun tidur.
  4. Mengamuk yang berlebihanĀ  saat siang hari
  5. Kelelahan yang berkepanjangan
  6. Perubahan kepribadian
  7. Gangguan konsentrasi dan daya ingat.

Gejala masalah tidur mendengkur pada malam hari adalah :

  1. Mendengkur dengan bunyi keras
  2. Napas berhenti di sela-sela mendengkur dan diakhiri dengan dengusan
  3. Rasa sesak dan tercekik yang membuat penderita terbangun
  4. Tidur tidak nyentak karena sering terbangun dan berubah posisi.

Untuk mengatasi masalah tidur mendengkur, ada penanganan mandiri yang bisa anda lakukan :

  1. Melakukan aktivitas olahraga
    Melakukan olahraga dengan teratur bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Karena salah satu pemicu dari terjadinya masalah tidur mendengkur adalah berat badan, maka dengan melakukan olahraga akan memberikan manfaat yang baik untuk bagian tubuh dalam mengencangkan otot terutama dibagian tenggorokan yang akan bisa membantu mengatasi dengkuran Anda.
  2. Tidur menyamping
    Tidur dengan posisi telentang merupakan salah satu penyebab dari terjadinya masalah tidur mendengkur. Sebaiknya mengubah posisi tidur Anda menjadi posisi menyamping merupakan cara yang baik dalam hal mengatasi masalah tidur mendengkur. Disaat Anda sedang tidur posisi telentang, maka akan membuat lidah dan juga jariingan lunak pada mulut akan menjadi semakin menuju ke dalam, dan hal ini malah akan membuat aliran udara mengalami subatan yang ingin masuk dan akan membuat Anda tertidur dengan dengkuran yang berisik.
  3. Hindarilah konsumsi minuman beralkohol
    Dengan mengonsumsi minuman yang beralkohol, obat tidur, atau juga obat penenang akan membuat otot-otot mengalami kemunduran terutama di bagian tenggorokan dan hal ini akan mengganggu sistem pernapasan. Khususnya utuk Anda yang memang membutuhkan obat tidur serta obat penenang, maka konsultasikanlah lebih lanjut mengenai hal ini. Ada beberapa jenis obat atau obat penenang yang bisa membuat kondisi mendengkur Anda malah menjadi semakin parah.
  4. Menerapkan pola tidur teratur
    Dengan pola hidup yang teratur, maka Anda bisa mengurangi masalah tidur mendengkur. Anda akan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dan akan meminimalisir resiko mendengkur saat tidur.
  5. Hindari kafein dan makanan berat
    Jika Anda ingin tidur, sebaiknya jangan makan makanan yang berat. Hal ini akan memebuat keadaan dengkuran menjadi semakin parah. Selain itu, hindari kafein. Sebaiknya jika anda ingin minum kafein maka minumlah 2 jam sebelum Anda tidur. Produk olahan susu dan susu kedelai merupakan produk yang sebaiknya jangan diminum saat Anda sebelum tidur.

Masalah Tidur Mendengkur

Cara Pemesanan Alat Anti Ngorok Snore Free
Alat Bantu Mengurangi Tidur Ngorok (Dengkuran), Membantu Memperlancar Pernafasan dan Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak

Snore Free Alat Bantu Mengurangi Tidur Mendengkur

Harga 1 buah Alat Anti Ngorok Snore Free Rp.115.000,-/buah

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Alat Anti Ngorok, Jumlahnya, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)


=====================================

>>> Alat Anti Ngorok Snore Free Alat Bantu Mengurangi Tidur Ngorok (Dengkuran), Membantu Memperlancar Pernafasan dan Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tidur Mendengkur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.