Mencegah Tidur Mendengkur

Mencegah Tidur MendengkurUntuk tidur nyenyak pastinya dibutuhkan suasana yang nyaman dan tidak mengganggu sehingga tidak akan sering terbangun pada saat tidur. Apabila tidur di tempat yang tidak nyaman pastinya untuk tidur pun juga akan tidak bisa nyenyak sehingga sering terbangun. Salah satu penyebab tidur tidak nyenyak ialah suara bising yang berasal dari mana pun terutama dari pasangan satu kamar tidur yang mendengkur. tidak jarang ditemui orang yang tidur mendengkur dan hal ini sangat lah mengganggu sekali terlebih jika terjadi setiap hari sehingga sulit untuk tidur nyenyak sepanjang malam. tidur mendengkur ini bukan hal yang baik meskipun terjadi karena kondisi kelelahan. Tidur bisa terjadi pada wanita atau pun pria tetapi lebih sering dialami oleh pria. Sangat tidak nyaman memiliki teman sekamar yang memiliki kebisaan mendengkur ketika tidur. Tidur mendengkur bisa tidak terlalu keras tetapi ada juga yang mendengkur sangat keras jadi pasangan tidur selalu tidak nyaman maka dari itu mencegah tidur mendengkur perlu dilakukan.

Ketika tidur bisa mengeluarkan suara dari dalam mulut dikarenakan ada getaran oleh struktur pernapasan. Struktur pernapasan yang mengalami getaran bisa menghasilkan suara sehingga hal ini lah yang terjadi pada penderita tidur mendengkur atau tidur ngorok. Tidur mendengkur terjadi ketika jaringan lunak di langit-langit mulut (soft palate), anak tekak (uvula), dan tenggorokan menjadi rileks pada saat kita memasuki tidur yang lebih dalam (terlelap) setelah tidur selama sekitar 90 menit. Bagian otot yang terlalu rileks akan menghambat aliran udara yang masuk sehingga bisa menimbulkan suatu getaran yang menghasilkan suara maka dari itu hal ini yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Ada beberapa faktor juga yang meningkatkan risiko seseorang mengalami tidur mendengkur lainnya seperti karena berat badan yang berlebihan. Orang orang dengan badan gemuk cenderung akan mendengkur pada saat tidur. Karena ketika berat badan semakin bertambah juga bisa menyebabkan penyempitan pada saluran udara sehingga sulit masuk dengan jumlah yang cukup maka dari itu akan menyebabkan getaran yang akan menghasilkan suara pada saat tertidur. Terjadinya tidur mendengkur bisa memang bisa dikarenakan masalah anatomi tubuh yang sudah ada sejak lahir karena memiliki langit langit mulut yang terlalu rendah, tenggorokan yang menutup saat tidur atau ada masalah pada otot juga memicu tidur mendengkur.

Mencegah Tidur Mendengkur

Tidur mendengkur juga bisa dipengaruhi oleh posisi tidur, dikarenakan posisi tidur yang telentang maka akan menyebabkan penyempitan pada tenggorokan sehingga jumlah udara yang masuk hanya sedikit sebab terhalang oleh karena itu hal ini akan menyebabkan tidur mendengkur juga. ketika sedang menderita gangguan pernapasan pun bisa menyebabkan terhalangnya udara yang akan masuk sehingga membuat tidur mendengkur meskipun biasanya tidak mendengkur. kondisi ini bisa terjadi karena hidung tersumbat akibat flu atau pilek, anak anak dalam kondisi seperti ini pun juga bisa merasakan hal yang sama. Terhambatnya udara masuk yang memicu tidur mendengkur pun bisa karena hidung yang bengkok.

Yang lebih serius lagi apabila penyebab tidur mendengkur dikarenakan oleh apnee tidur yang merupakan kondisi dimana sebagian atau bisa seluruh aliran udara terhalang sehingga akan mengganggu pernapasan pada saat tidur, kondisi seperti ini bisa dikarenakan turunan. Maka dari itu mencegah tidur mendengkur bisa dilakukan agar tidak akan terulang kembali dan mengganggu orang orang di sekitar yang tidur berdekatan. Dibawah ini beberapa cara mencegah tidur mendengkur :

  • Mencegah tidur mendengkur dengan mengubah posisi tidur

Suara yang keras pada saat tidur bisa terjadi karena terhalang masuk karena posisi tidur yang kurang tepat. oleh karena itu agar mencegah tidur mendengkur maka cara yang bisa dilakukan dengan mengubah posisi tidur. Posisi tidur yang baik dengan posisi miring ke samping kanan agar udara masuk dengan mudah tanpa hambat yang bisa menimbulkan suara yang mengganggu. hindari tidur berbaring karena udara akan sulit untuk masuk ke dalam tubuh.

  • Mencegah tidur mendengkur dengan cukup tidur

Kelelahan karena kurang tidur pun juga bisa menyebabkan tidur mendengkur, kebisaan ini pun sangat tidak sehat, oleh karena itu sebaiknya mencegah tidur mendengkur dengan cukup tidur, hindari begadang jika tidak dibutuhkan karena begadang juga hanya akan menyebabkan gangguan kesehatan, dan kantung mata semakin besar.

  • Mencegah tidur mendengkur dengan banyak minum

Banyak minum air mineral juga agar membantu pelepasan lendir yang berada di langit langit lebih mudah karena jika sulit di lepaskan pun juga bisa menyebabkan tidur mendengkur. Oleh karena itu baiknya minum air yang banyak agar tidak dehidrasi dan tidak mendengkur lagi.

  • Mencegah tidur mendengkur dengan menurunkan berat badan

Berat badan juga sering memicu tidur mendengkur, karena akan menyebabkan udara sulit untuk masuk dengan baik. jadi baiknya menurunkan berat badan dengan diet dan mengontrol asupan makanan.

  • Mencegah tidur mendengkur dengan gaya hidup sehat

Hidup sehat bisa di terapkan untuk mencegah tidur mendengkur juga, hindari rokok dan olahraga secara teratur akan sangat membantu sekali. (By:RM)

Mencegah Tidur Mendengkur


=====================================

>>> Alat Anti Ngorok Snore Free Alat Bantu Mengurangi Tidur Ngorok (Dengkuran), Membantu Memperlancar Pernafasan dan Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tidur Mendengkur and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.