Penyebab Tidur Mendengkur Atau Ngorok

Penyebab Tidur Mendengkur Atau Ngorok – Tidur mendengkur merupakan suatu gejala dari terjadinya gangguan tidur yang sangat serius. Jika dengkuran semakin keras, maka semakin serius juga gangguan tidurnya. Padahal suatu mitos menganggap kalau tidur mendengkur atau tidur ngorok merupakan salah satu bukti dari tidur yang pulas dan nyenyak. Hal ini merupakan hal yang salah. Dalam dunia medis, tidur mendengkur merupakan suatu gejala dari satu penyakit.

 Penyebab Tidur Mendengkur Atau Ngorok

Penyebab Tidur Mendengkur Atau Ngorok

Tahukah Anda bahwa hampir dari separuh orang dewasa yang normal, kadang akan mengdengkur, dan 25 persennya akan mendengkur secara rutin. Dibandingkan dengan perempuan, pria lebih sering mendengkur. Sleep apnea bisa juga ditandai dengan timbulnya dengkuran saat tidur. Oleh sebab itulah tidur mendengkur perlu diketahui penyebab utamanya. Sedangkan masalah penyebab tidur mendengkur atau ngorok ada ank biasanya disebabkan karena anak mengalami masalah penyakit polip atau masalah rhinitis.

Penyebab tidur mendengkur atau ngorok bisa disebabkan karena mungkin hidung yang sedang mengalami sumbatan karena pilek atau alergi. Atau bisa juga merupakan suatu tanda hidung yang terhalang karena menyimpangnya nasal septum atau struktur yang membagi hidung internal menajdi dua atau karena terlalu besar atau turbinate atau struktur karena tulang hidung yang dilindungi oleh lendir yang bisa membantu dalam menghangatkan dan bisa membersihkan udara di dalam hidung.

Penyebab tidur mendengkur atau ngorok mungkin juga bisa disebabkan karena tonsil atau adenoid yang mengalami pembesaran, lidah yang besar atau juga vulva yang panjang. Mendengkur adalah suatu tanda dari pertumbuhan penyakit kanker yang sudah menghalangi aliran udara yang melewati hidung Anda. Bahaya dari tidur mendengkur ini adalah bisa memperbesar resiko terjadinya penyakit stroke karena hal ini bisa menyebabkan turunnya oksigen yang mencapai otak. Tidur mendengkur bisa meningkatkan tekanan darah dan hal ini memicu terjadinya penyakit stroke.

Cara mengatasi tidur mendengkur bisa dilakukan dengan cara alami. Salah satu cara alami mengatasi tidur mendengkur adalah dengan cara :
Bahan : kunyit, madu
Cara pembuatan : parutlah kunyit terlebih dahulu hingga halus lalu peraslah, dan ambilah airnya. Kemudian campurkan air dari perasan kunyi dengan madu asli, minumlah 3 kali dalam sehari selama seminggu hingga sembuh.

Selain dengan cara diatas, ada beberapa hal yang bisa membantu mencegah penyebab tidur mendengkur atau ngorok adalah :

  1. Mengubah posisi tidur Anda
    Biasanya tidur dengan posisi telentang akan membuat lidah serta langit-langit pada mulut akan bergerak menuju ke dinding bagian belakang tenggorokan yang akan menyebabkan munculnya bunyi dengkuran saat kita tidur. Maka untuk mencegah tidur mendengkur ini, sebaiknya ubahlah posisi tidur Anda menjadi posisi tidur miring dan bisa dibantu dengan menggunakan bantal yang panjangnya bisa membantu untuk mencakup seluruh tubuh Anda. Selain itu, ada terapi lain yang bisa dilakukan untuk mencegah tidur mendengkur, yakni dengan cara meletakkan bola tenis pada belakang baju tidur Anda yang bisa membantu membuat Anda tidur dengan posisi tidak telentang. Alternatif yang lain selanjutnya adalah dengan mencoba tidur posisi kepala ke atas atau dagu agak diangkat. Cara ini biasanya bisa membantu untuk membuka jalan pada pernafasan dengan baik, namun  biasanya posisi ini menimbulkan rasa sakit pada leher.
  2. Mengurangi berat badan
    Salah satu penyebab dari tidur mendengkur adalah karena berat badan berlebih. Mengurangi berat badan merupakan salah satu solusi yang baik. Berat badan yang ada di sekitar leher akan membuat diameter dari tenggorokan Anda mengalami penyempitan sehingga akan menimbulkan suara saat Anda sedang tidur/
  3. Menghindari alkohol
    Alkohol serta obat penenang bisa membuat kerja otot menjadi berkurang pada bagian belakang tenggorokan yang menjadi pemicu munculnya dengkuran saat sedang tidur. Minum alkohol sekitat empat atau selama lima jam sebelum tidur akan membuat dengkuran tersebut makin keras dan orang yang tidak biasa mendengkur saat tidur akan mendengkur jika sudah meminum alkohol.
  4. Cukup istirahat dan cukup tidur
    Melakukan aktivitas yang terlalu lelah dan waktu istirahat yang singat bisa membuat tubuh Anda menjadi sangat lelah disaat Anda tertidur. Hal ini juga menjadi pemicu munculnya dengkuran. Karena disaat Anda tertidur dalam keadaan Anda sedang kelelahan maka otot tubuh tidak akan bekerja dengan optimal sehingga akan memunculkan suara dengkuran saat tidur.
  5. Mandi dengan air hangat
    Mandilah dengan air hangat jika Anda sedang flu, jika terjadi pergantian udara, dan jika Anda sedang lelah. Karena jika hidung tersumbat akibat dari flu, dan beberapa hal lainnya akan memicu dengkuran. Dan sebaiknya bersihkan hidung Anda terlebih dahulu untuk mengatasi dengkuran saat tidur atau ngorok secara alami.

Itulah beberapa informasi mengenai tidur mendengkur atau ngorok.

 Penyebab Tidur Mendengkur Atau Ngorok


=====================================

>>> Alat Anti Ngorok Snore Free Alat Bantu Mengurangi Tidur Ngorok (Dengkuran), Membantu Memperlancar Pernafasan dan Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tidur Mendengkur and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *