Penyebab Tidur Mendengkur

Penyebab tidur mendengkur juga dapat disebabkan oleh faktor usia. Otot tenggorokan menjadi lenih lemah ketika beranjak tua, karena kurang mendukung jaringan disekitarnya. Mendengkur usia 60 tahun, 40 persen wanita dan 60 persen pria terbiasa mendengkur Disamping penyebab lain seperti kelebihan berat badan, konsumsi alkohol dan obat. Ada para ahli yang beranggapan bahwa perbedaan kondisi di daerah tempat tidur turut memicu perbedaan tidur seseorang. Misalnya cahaya lampu yang terang pada waktu tidur dapat mempengaruhi pola tidur seseorang. Tubuh akan terasa segar terus dan tdak mengangtuk karena masih ada cahayaa terang dari bola lampu. Karena itu masayarakat di pedesaan lebih sedikit yang mengalami gangguan tidur. Sedangkan masayarakat di kota-kota besar yang siang malamnya sama saja, lebih banyak ditemui mengalami gangguan tidur berupa sulit tidur dan kekurangan waktu tidur.

Penyebab Tidur Mendengkur

Penyebab Tidur Mendengkur

Demikian pula penyebab tidur mendengkur adalah orang-orang dari ras yang memiliki rangka tubuh lebih besar dibandingkan orang Asia, jarang mengalami gangguan tidur. Kalaupun ada biasanya disebabkan permasalahan yang berat atau obesitas.

Menurut penelitian yang dilakukan beberapa ahli penyebab tidur mendengkur disebabkan oleh ketidakmampuannya seseorang untuk bernapas secara normal ketika ia tidur. Hal ini helas amat mempengaruhi 4 sampai 9 persen pria dewasa dan jutaan yang lain di AS termasuk anak-anak. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan ingatan, pegal-pegal, berat badan bertambah, tekanan darah tinggi dan masa kardiovaskular lainnya. Disamping itu penelitian yang dilakukan pihak lain juga menyimpulkan  bahwa pria mendengkur saat ini diduga posisinya kasus lebih serius mendengkur menjadi sebuah ancaman terjadap kesehatan seperti gejala apnoe, suatu kondisi seseorang berhenti bernapas.

Tidur mendengkur terjadi ketika udara tidak mengalir melalui saluran udara atau ketika jaringan atau otot dalam udara mengalami getaran. Selain tidur, terkebabnya otot lidah, tenggorokan dan langit-langit mulut dalam keadaan reaksi dan jaringan tenggorokan bergetar. Penyebab Tidur Mendengkur akibat sempitnya aliran udara dan bergetarnya jaringan secara bernapas akan menimbulkan bunyi dengkuran. Semakin sempit aliran udara makin besar dan kerasa getaran dan dengkurang yang ditimbulkannya.

Dengkuran bisa dibedakan atas beberapa jenis, dengkuran ringan dengan suara halus dan berlangsung terus menerus. Ini biasanya terjadi pada fase awal tidur dan umumnya merupakan tanda kelelahan. Jenis lainnya adalah dengkuran keras, terputus-putus serta diikuti oleh tarikan napas yang dalam. Dengkuran macam inilah yang patut diwaspadai karena gangguan napas jenis ini beresiko merusak organ-organ vital. Sebagai gambaran di AS diperkirakan 10-30 persen orang dewasa mendengkur pada tidurnya secara kers. Dari jumlah itu, 5 persen penduduk AS memiliki kebiasaan mendengkur yang keras saat tidur . Hal ini menandakan ada masalah kesehatan yang serius. Kebanyakan dari 5 persen penduduk itu berjenis kelamin pria, berusia lebih dari 40 tahun, dan memiliki berat badan berlebih.

Tahukah Anda ternyata mendengkur merupakan suatu gejala penyakit dan bisa menjadi suatu resiko berbahaya dari munculnya beberapa jenis penyakit? Akan kami jelaskan beberapa bahaya akibat tidur mendengkur adalah :

  1. Tekanan darah tinggi
    Disaat kita sedang tidur akan memacu tekanan darah seseorang naik menjadi lebih tinggi, dan semakin besar dengkuran maka akan semakin berat juga masalah tekanan darah tinggi mereka.
  2. Stroke
    Disaat kita sedang mendengkur dalam tidur, maka akan terjadi peningkatan pada kekentalan darah yang terjadi pada penderita yang kemudian pada akhirnya akan membuat peluang lebih besar daam meningkatkan resiko seseorang yang terbiasa tidur mendengkur untuk terserang penyakit stroke.
  3. Penyakit jantung
    Jika seseorang mengalami masalah mendengkur saat tidur dan tidak melakukan perawatan dengan baik yang sesuai dengan penyebabnya, maka hal ini tidak akan menutup kemungkinan bahwa penderitanya bisa mengalami masalah pada resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan dengkuran akan meningkatkan dan memperbesar resiko dari denyutan pada jantung yang membuatnya menjadi tidak beraturan pada seseorang yang pada akhirnya akan menyebabkan mereka mengalami masalah pada jantung koroner, dan juga penyakit jantung kongestif.
  4. Depresi
    Untuk orang yang sering mendengkur, bisnaya mereka akan lebih sering beresiko dalam mengalami depresi.
  5. Diabetes
    Dengkuran disaat tidur akan mengganggu sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak bisa mentoleransi glukosa dan juga akan mengalami resistensi pada insulin. Diabetes tipe 2 dikenal sebagai salah satu jenis penyakit diabetes yang menjadi pembunuh utama, hal ini disebabkan karena tubuh tidak bisa memanfaatkan dengan baik insulin dengan cara yang lebih efektif lagi.

Lalu, cara apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mendengkur saat tidur? Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki pola hidup dengan lebih teratur. Mengatur durasi waktu yang cukup antara waktu jam istirahat, waktu bekerja, untuk keluarga, dan lain-lainnya. Jangan sampai melebihi dari waktu yang sudah ditentukan.

Penyebab Tidur Mendengkur


=====================================

>>> Alat Anti Ngorok Snore Free Alat Bantu Mengurangi Tidur Ngorok (Dengkuran), Membantu Memperlancar Pernafasan dan Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tidur Mendengkur and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>