Tidur Mendengkur (Ngorok)

Tidur Mendengkur (Ngorok) – Tidur mendengkur atau dalam istilah lain juga dikenal dengan tidur ngorok adalah kondisi dimana penderitanya mengeluarkan suara pada saat tidur. Suara yang dikeluarkan dari mulut pada saat tertidur sangatlah mengganggu terutama pada teman tidur yang berasa dalam satu ruangan. Terjadinya tidur mendengkur bisa terjadi karena disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam mulut atau saluran pernapasan tidak berjalan dengan baik, sebab ada halangan di dalamnya, maka dari itu hal ini yang akan menyebabkan bunyi atau suara yang keluar dari mulut. tidur mendengkur memang tidak akan disadari oleh penderitanya, tetapi yang akan mengganggu seseorang yang berada di samping, atau yang tidur dalam satu ruangan. Hal ini tidak baik, bukan hanya untuk orang yang terganggu tetapi juga tubuh penderitanya sebab udara yang masuk pada saat tidur tidak berjalan dengan baik. tidur mendengkur juga sebaiknya tidak di sepelekan sebab ada potensi buruk yang bisa terjadi karena disebabkan oleh tidur mendengkur.

Penyebab Tidur mendengkur (Ngorok)

Suara yang dikeluarkan pada saat tidur berasal dari getaran pada struktur pernapasan, dikarenakan udara tidak dapat masuk dengan baik di saat tidur. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan udara tidak dapat masuk ke saluran pernapasan dengan baik pada saat tidur sehingga hal ini bisa mengeluarkan suara pada saat tidur. Untuk itu dibawah ini beberapa faktor yang menyebabkan tidur mendengkur (Ngorok) :

ngorokk

  • Berat badan

Tidur mendengkur (Ngorok) bisa dipengaruhi dari berat badan. Berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan penderitanya mengalami tidur mendengkur. hal ini dikarenakan oleh berat badan berlebihan dan ada masa berlebih di tenggorokan yang akan menghalangi masuknya udara ke saluran pernapasan sehingga akan ada getaran yang menghasilkan suara ketika pada saat tidur.

  • Posisi tidur

Yang memicu tidur mendengkur (Ngorok) juga ialah posisi tidur. Terjadinya tidur mendengkur bisa pada posisi tertentu saja seperti pada posisi tidur telentang lebih berpotensi, karena akan menyebabkan udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan terhambat dan hal ini lah yang mengakibatkan tidur mendengkur. jadi meskipun tidak memiliki tubuh gemuk bisa juga ketika tidur mendengkur (Ngorok) karena posisi tidur yang kurang baik.

  • Merokok

Faktor pemicu tidur mendengkur (Ngorok) juga bisa berasal dari kebisaan merokok. ketika sering merokok maka bisa merusak saluran pernapasan secara perlahan lahan, karena itu lah ketika pada malam hari tidak dapat bernapas dengan baik sehingga bisa menyebabkan tidur mendengkur.

  • Pembesaran amandel

Yang menghalangi masuknya udara ke tenggorokan atau saluran pernapasan dalam bisa amandel. amandel ialah kelenjar yang berasa di sisi kanan dan kirinya pangkal mulut, sehingga jika ada pembesar atau radang amandel yang menyebabkan amandel membengkak karena infeksi, maka hal ini bisa menyebabkan tidur mendengkur juga. maka dari itu ketika sedang sakit amandel maka tidur bisa mendengkur.

  • Minuman keras

Faktor lain yang memicu tidur mendengkur (Ngorok) ialah minuman keras. Akibat candu dengan minuman keras maka risiko untuk menderita tidur mendengkur akan lebih besar.

  • Kelainan pada hidung dan tenggorokan

Tidur mendengkur bisa terjadi pada orang orang yang memiliki kelainan pada hidung atau pun pada tenggorokannya. Dikarenakan kelainan pada bentuk atau struktur sehingga mempengaruhi masuknya udara ke dalam saluran pernapasan sehingga hal ini akan meningkatkan risiko untuk mengalami tidur mendengkur (Ngorok). Oleh karena itu ketika tidur akan selalu mendengkur.

  • Gangguan kesehatan

Mengalami tidur mendengkur (Ngorok) bisa jadi bahwa adanya suatu penyakit. Sebab ada beberapa kondisi tubuh yang menghalangi masuknya udara ke dalam saluran pernapasan seperti lemak atau kegemukan. Gangguan kesehatan yang memicu terjadinya tidur mendengkur antara lain penyakit stroke, penyakit jantung, GERD, cedera pada saluran pernapasan dan lain sebagainya. Bisa cek kesehatan untuk lebih pastinya.

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur (Ngorok)

Untuk orang orang yang terganggu dengan pasangan yang tidur mendengkur (Ngorok) setiap malam maka bantu untuk mengatasinya, sehingga akan lebih nyaman nantinya. Untuk mengatasi tidur mendengkur yang bukan disebabkan oleh gangguan kesehatan penyakit tertentu masih sangat mudah. seperti dibawah ini mengatasi tidur mendengkur (Ngorok) :

  • Mengatasi tidur mendengkur (Ngorok) yang pertama bisa dengan mengubah posisi, sebab sering kali posisi yang mengakibatkan tidur mendengkur. posisi tidur yang baik ialah posisi tidur menyamping atau memiringkan badan ke sebelah kanan sehingga tidak akan menekan organ di dalam dan juga nafas akan lebih lancar.
  • Minum air mineral yang cukup juga bisa membantu mengurangi tidur mendengkur (Ngorok). Sebab jika kurang minum akan menyebabkan lendir pada hidung lebih lengket di langit langit, dan kondisi seperti ini lah yang bisa memicu tidur mendengkur. untuk itu minimal minum 12 gelas dalam satu hari.
  • Apabila memiliki berat badan berlebihan bisa melakukan diet menurunkan berat badan, karena pengaruh dari berat badan berlebihan sangat besar untuk menyebabkan tidur mendengkur (Ngorok).
  • Hindari asupan alkohol dan juga berhenti merokok, sebab dua kebisaan buruk tersebut merusak tubuh yang menyebabkan banyak penyakit seperti gangguan pernapasan salah satunya. Jadi apabila tidak ingin mendengkur (Ngorok) bisa berhenti minum alkohol dan juga rokok. (By:RM)

Tidur Mendengkur (Ngorok)


=====================================

>>> Alat Anti Ngorok Snore Free Alat Bantu Mengurangi Tidur Ngorok (Dengkuran), Membantu Memperlancar Pernafasan dan Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tidur Mendengkur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *