Tidur Mendengkur

Tidur mendengkur (apnea). Gangguan ini terjadi ketika otot leher rileks saat tidur dan menghalangi aliran udara dari hidung dan tenggorokan. Penderita apnea biasanya mendengkur dengan keras dan pernapasannya secara periodik terhenti saat tidur. Hal ini umum terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun. Tidur mendengkur juga dapat dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak.

Tidur mendengkur tentunya akan sangat mengganggu bagi seseorang yang mungkin tidur beraa seorang teman atau pasangannya. Bayangkan di saat kita tidur, suara dengkurannya mengganggu dan taka jarang membaut kita terjaga sampai pagi.

Tidur Mendengkur

Tidur Mendengkur

Tidur mendengkur atau mengorok biasanya terjadi karena jatuhnya pangkal lidah (di bagian belakang) sehingga daerah tenggorokan tertutup. Pada orang gemuk biasanya hal ini lebih sering terjadi. Bila pangkal lidah itu jatuh, maka keluar masuknya udara menimbulkan getar yang kita dengar sebagai bunyi.

Kebiasaan mendengkur ini bisa berbahaya, bisa juga tidak. Dikatakan tidak berbahaya, karena dengkuran merupakan gangguan ringan yang bisa menimpa siapa saja. Dan dikatakan berbahaya kaerna gangguan ini bisa merusak hubungan suami-istri, apalagi jika pasangan yang mendengkur itu susah dibangunkan. Sering kali seseorang yang memiliki pasangan suka mendengkur akan berusaha menghindari suara dengkurannya.

Pada umumnya, mendengkur tidak termasuk gangguan dalam tidur, tetapi mendengkur yang disertai dengan keadaan apnea dapat menjadi masalah. Mendengkur disebabkan oleh adanya rintangan dalam pengaliran udara di hidung dan mulut pada waktu tidur.

Rintangan tersebut seperti adanya adenoid, amandel atau mengendurnya otot di belakang mulut. Terjadinya apnea dapat mengacaukan saat bernapas dan bahkan bisa menyebabkan henti napas. Apabila kondisi ini berlangsung lama, maka dapat menyebabkan kadar oksigen dalam darah dapat menurun dan denyut nadi menjadi tidak teratur. Jika Anda tidur dengan seseorang yang punya kebiasaan tidur berbeda, misalnya mendengkur, bisa membuat Anda susah tidur atau tidur kurang nyenyak. Pasangan tidur yang memiliki masalah sulit tidur, misalnya mengidap insomnia bisa menjadi penyebab tidur yang buruk juga!

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang tidur mendengkur :

  1. Tidur dengan posisi telentang
    Salah satu posisi tidur yang bisa menimbulkan masalah mendengkur s aat tidur adalah tidur dengan posisi yang telentang. Biasanya hal ini akan menyebabkan mulut menjadi terbuka saat mereka sedang tidur. Posisi lidah kemudian akan terdorong ke dalam dan akan memudahkan untuk terjadinya suatu penyumbatan pada saluran pernafasan sehingga akan memunculkan suara saat sedang tidur, yakni suara ngorok atau mendengkur.
  2. Konsumsi rokok
    Terbiasa dalam hal merokok bisa membuat keadaan jantung dan paru-paru menjadi rusak. Hal inilah yang menyebabkan saluran pernafasan mengalami peradangan, selain itu akan menimbulkan resiko terjadinya penyakit jantung. Pemicu inilah yang mengakibatkan seseorang mengalami dengkuran saat sedang tidur.
  3. Bentuk anatomi dari tubuh
    Saluran napas yang kecil dan juga sempit akan menyebabkan seseorang menjadi sulit dalam membuang nafas sehingga akan menyebabkan timbulnya suara dengkuran. Dan seorang laki-laki yang mempunyai saluran nafas yang sempit maka akan beresiko mengalami masalah dengkuran saat tidur.
  4. Akibat obat-obatan dan alkohol
    Dengan mengonsumsi obat-obatan dan alkohol akan meningkatkan relaksasi yang malah akan menimbulkan suara dengkuran saat Anda sedang tidur. Saluran udara yang lebih rileks biasanya tidak menjamin seseorang akan tidur dengan posisi yang sehat, Keadaan tidur yang rileks dengan tidak sehat ini akan membuat saluran udara beristirahat sehingga kinerja tidak akan bekerja dengan maksimal. Hal inilah yang menyebabkan munculnya suara dengkuran.

Dibawah ini ada beberapa tips dalam mengatasi tidur mendengkur adalah :

  1. Jika Anda mengalami masalah pada berat badan berlebih atau obesitas, maka usahakan agar berat badan Anda tetap dalam keadaan ideal.
  2. Sebaiknya ubahlah posisi tidur Anda menjadi posisi tidur miring
  3. Tidur dengan menggunakan bantal yang ditinggikan, letaknya sekitar 4 inci atau bisa juga lebih sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan kenyamanan Anda.
  4. Jika ada masalah pada kesehatan Anda seperti penyakit asma, sinusitis, hidung tersumbat, dan juga akibat masalah sejenisnya, maka hendaknya masalah ini disembuhkan terlebih dahulu.
  5. Hindarilah asupan konsumsi alkohol dan juga obat-obatan penenang.

Selain itu, ada latihan tenggorokan yang bisa membantu mengatasi masalah tidur mendengkur :

  1. Tempatkanlah ujung lidah Anda dibelakang gigi depan atas anda. Kemudian digeser lidah Anda ke belakang atau posisi mundur. Dan setiap hari dilakukan selama 3 menit.
  2. Tutuplah mulut Anda kemudian dikerutkan bibit Anda dan ditahan selama 30 detik.
  3. Bukalah mulut Anda setelah itu digerakkan rahang Anda ke sebelah kanan. Dan tahan selama kurang lebih 30 detik kemudian gantilah gerakan rahang Anda ke sebelah kiri.
  4. Dengan keadaan mulut yang terbuka, setelah itu kontraksikanlah otot pada bagian belakang tenggorokan Anda berulang kali selama 30 detik.

Lakukan latihan ini didepan cermin untuk mengetahui uvula (bola menggantung di tenggorokan) bergerak naik turun.

Tidur Mendengkur


=====================================

>>> Alat Anti Ngorok Snore Free Alat Bantu Mengurangi Tidur Ngorok (Dengkuran), Membantu Memperlancar Pernafasan dan Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tidur Mendengkur and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *